Friday, 22 September 2017

Proposal Usaha Mie Ayam


BAB 1. PENDAHULUAN

1.     Latar Belakang
Seiring bertambahnya jumlah penduduk, maka bertambah pula kebutuhan manusia akan pangan, sandang dan papan. Melihat keadaan ini membuka peluang bagi produsen untuk membuka sebuah usaha baru dalam produk makanan. Selain itu juga banyaknya bahan baku yang melimpah dan mudah diperoleh memunculkan sebuah ide untuk membuka usaha “Mie Ayam”.  Usaha Mie ayam merupakan bisnis yang cukup menjanjikan, terutama untuk usaha mie gerobak dan kios. Indikasinya terlihat dari tumbuhnya usaha ini setiap tahunnya, di mana kita melihat semakin banyaknya orang yang berwirausaha di bidang ini. Kita juga melihat semakin banyaknya variasi dari usaha mie ayam ini. Kita mengenal Mie ayam Solo, mie ayam Surabaya, dll. Ini menunjukan gairah usaha mie ayam menjanjikan. Menurut beberapa pengusaha mie ayam, peluang usaha ini masih terbuka lebar mengingat banyaknya penggemar mie ayam. Walaupun banyak saingan usaha ini masih cukup menggiurkan salah satu kuncinya adalah bagaimana membuat resep mie ayam yang enak. Selain itu pengaruh tempat juga menentukan. Dengan pengelolaan yang baik usaha ini akan berjalan
dengan sukses.
2.     Visi dan Misi
Ø  Visi
Adapun visi dari usaha ini adalah sebagai berikut : “Menciptakan produk makanan unggulan yang berkualitas dan banyak diminati atau disukai masyarakat dengan mengedepankan pencitraan makanan yang sehat dan dengan bahan-bahan pilihan dari Indonesia.”
Ø  Misi
Adapun visi dari usaha ini adalah sebagai berikut :
·         Memberikan inovasi-inovasi yang sukar di ikuti.
·         Membangn semangat Enterprenuer/wirausaha.
·         Membangun kemandirian dalam menghadapi tantangan global.
·         Terciptanya ekonomi bersama yang mandiri.
·         Terbentuknya usaha “Mie Ayam Sehat” terbaik yang mengedepankan pelayanan, kenikmatan dan keberkahan.

BAB 2. ISI
1.     Deskripsi Usaha
a.      Analisis SWOT
      Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemapuan kami terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1.      Strength (Kekuatan)
a.       Rasanya enak dan unik
b.      Memiliki angka kecukupan gizi yang tinggi
c.       Dapat disukai oleh semua kalangan
d.      Harga terjangkau oleh semua kalangan
e.       Bahan bakunya terjangkau dan mudah diperoleh
f.       Cara pembuatannya mudah
2.      Weakness (Kelemahan)
a.       Tidak tahan lama
b.      Banyak saingan
c.       Belum mempunyai cabang
d.      Kurang modal untuk memulai usaha
e.       Harga bahan baku yang tidak stabil
3.      Oppoturnity (Peluang)
a.       Penjualan “Mie Ayam” memiliki peluang yang cukup besar karena selain  memiliki cita rasa yang enak dan unik juga memiliki kandungan gizi yang memadai.
b.      Memiliki lokasi yang strategis karena terletak di persimpangan jalan yang banyak dilalui oleh banyak orang.
4.      Treath (Ancaman)
a.       Banyak memiliki pesaing selain dari pedagang mie ayam lain sendiri juga dari pesaing makanan sejenis seperti bakso dan soto.
b.      Dalam memproduksi “Mie Ayam” memungkinkan pihak lain mencuri resep ataupun ide usaha yang telah dikembangkan.
c.      Harga bahan baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga roti bakar yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
d.     Bila hujan turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak (jarang).


b.      Manfaat Ekonomi Usaha

·         Modal usaha yang dibutuhkan cukup kecil, sebab hanya menggunakan warung atau kios sederhana
·         Segmen pasar ini luas dan bisa berkembang, segmen pasarnya seperti orang tua, anak kecil, serta yang mampu dan yang tidak mampu
·         Mengkonsumsi produk ini bisa kapan saja, “mie ayam” ini bisa di jadikan sarapan pagi, sampai malam hari untuk mengganjal perut.
·         Bahan untuk “mie ayam sehat” ini sederhana dan mudah di dapatkan di pasar swalayan hingga pasar tradisional.
c.       Lokasi Usaha
Tempat yang kami gunakan dalam usaha ini adalah pusat perbelanjaan yang ada di kota Sukabumi yang merupakan tempat yang paling strategis di kota ini.
d.      Target Pasar
Produk “Mie Ayam Sehat” ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari anak sekolah, mahasiswa, pegawai kantoran, ibu rumah tangga, sampai dengan lansia sekalipun dapat menikmati produk ini karena menggunakan bahan-bahan yang alami dan berkualitas.
e.       Situasi Persaingan
Untuk saat ini kami mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap penjualan mie ayam saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah terlebih dahulu berjualan mie ayam dan juga tempat berjualannya yang cukup strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat tersebut sering berkunjung dan membeli mie ayam mereka.
f.       Strategi Promosi
Dalam melakukan promosi produk ini seperti yang telah dibahas sebelumnya kami akan banyak memberi diskon dan potongan-potongan harga pada bulan-bulan pertama. Selain itu, Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan brosur tempat-tempat ramai dan menyebarkannya di sosial media seperti Blogger, Facebook, Twitter, BBM, dan lain-lain. Pada bulan-bulan pertama kami juga akan memberikan diskon maupun potongan harga kepada para konsumen, agar para konsumen tertarik terhadap produk kami dan dapat berkunjung kembali.

g.      Distribusi Produk
Tempat penjualan produk Mie Ayam Kami ini tempatnya benar benar Strategis, dengan Trafic yang padat dan Jumlah Populasi orang di sekitar tempat penjualan padat. Dengan tempat yang cukup strategis akan sedikit banyak menimbulkan Efek Buying Signal, Orang yang tadinya belum tahu keberadaan Produk kita akan dengan segera tahu, dengan demikian Faktor Manusia yang biasanya suka mencoba coba hal hal baru akan timbul.




























BAB 3. PRODUKSI

a.      Cara Mengolah Bahan Baku
·         Cara untuk membuat Minyak ayam :
Panaskan minyak kemudian soreng lemak ayam atau kulit ayam, lalu massak hingga kulit ayam atau lemak ayam menjadi kering. Setelah agak kering masukkan bawang putih atau bahan lainnya kedalam penggorengan, lalu goreng dengan api kecil, setelah 15 menit, angkat kulit dan sisihkan minyak ayam.

·         Cara untuk membuat Kaldu :
Masukkan semua bahan kedalam panci, rebus semua bahan ini dengan api sedang min 2 jam, setelah matang saring air kaldu.

·         Cara untuk membuat Tumis ayam :
Cincang daging ayam hingga agak halus, kemudian tumis jahe, bawang putih dan daun bawang sampai kecoklatan. Masukkan daging ayam, lada, penyedap rasa, garam, kecap manis dan kecap asin kedalam tumisan. Masukkan air dan tunggu hingga daging ayam masak  dan bumbu meresap kedalam daging ayam.

·         Cara untuk menyajikan :
Didalam mangkuk, beri kecap asin, penyedap rasa, lada, dan minyak ayam secukupnya. Kemudian masukkan mie bersama caisim, sawi, dan toge yang sudah direbus. Aduk hingga rata, siramkan kuah kaldu, tambahkan tumisan ayam, lalu tambahkan pangsit diatasnya.

b.      Bahan-bahan Yang Dibutuhkan
·         Bahan untuk membuat Minyak ayam :
-          minyak sayur
-          ayam
-          bawang putih, memarkan
-          lada halus
-          ketumbar halus
·         Bahan untuk membuat Kaldu :
-          air
-          daun seledri, iris
-          ayam
·         Bahan untuk membuat semur ayam :
-          daging ayam
-          jahe
-          lada bubuk
-          minyak sayur
-          kecap asin
-          kecap manis
-          garam
-          bawang putih
-          air
















c. Biaya Bahan Baku
       -  Mie 1½ kg                                                                                Rp. 13.500
       -  Saus                                                                                          Rp.  6.000
       -  Sambal ( cabai, bawang, tomat dll )                                         Rp. 10.000
       -  Kecap manis 1 botol                                                                 Rp.  3.500
       -  Kecap Asin 600 ml                                                                   Rp. 12.000
       -  Ayam 2 kg @ Rp..22.000                                                         Rp. 44.000
       -  Sayuran ( sawi,daun bawang dll)                                             Rp. 10.000
       -  Bumbu ( Merica, lada, garam dll)                                             Rp.   8.000     
       -  Minyak Sayur 1 Liter                                                                Rp.   8.000     
                                                                                                            Rp. 107.000
d. Biaya Perlengkapam
       - Tabung gas 3 kg                                                                         Rp. 160.000
       - Mangkok 1 lusin                                                                        Rp.   50.000
       - Sendok 1 lusin                                                                           Rp.   22.000
       - Sumpit                                                                                       Rp.   10.000
       - saringan mie                                                                               Rp.   15.000
       - sendok sayur                                                                              Rp.   15.000
       - Kantong plastik                                                                                     Rp.   10.000
       - Plastik Kiloan                                                                            Rp.   10.000    +
                                                                                                            Rp. 292.000
       Harga Pokok Penjualan (HPP) =
107.000/20 porsi  = 5350
Jadi, Harga Pokok à  Rp.5.350
            Harga Jual = 7000/porsi
7000 – 5350 = 1650 x 20 porsi à 33.000
                        7000 x 20 porsi à 140.000
Jadi, Harag 1 porsi = 7.000
Laba yang kami terima sebesar 33.000

BAB 4. PENUTUP
1.      Antisipasi Masa Depan
Sebagai wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar para peminat atau konsumen puas atas pelayanan dan citarasa mie ayam yang kami buat. Karena apabila kualitas mie ayam  kami tidak kami tingkatkan kemungkinan besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.

2.      Kesimpulan
Menurut kami usaha ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.




2 comments:

  1. terimakasih telahh menulis dan membagikan artikel positif dan bermanfaat bagi pembaca, khususnya pada pembaca yang ingin merintis usaha..
    Aplikasi Kasir Android Offline

    ReplyDelete
  2. Saya tidak percaya ada pemberi pinjaman online asli yang begitu baik dan jujur ​​seperti Tuan Pedro yang memberi saya pinjaman sebesar 2 juta Euro untuk melaksanakan proyek saya yang sudah lama datang dan menunggu untuk dilaksanakan tetapi dengan bantuan Petugas Tuan Pedro dan semuanya mudah bagi saya.
    Saya akan meminta Anda untuk menghubungi Petugas Pinjaman Pedro di pedrloanss@gmail.com atau WhatsApp +393510140339

    ReplyDelete