BAB 1. PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Seiring
bertambahnya jumlah penduduk, maka bertambah pula kebutuhan manusia akan
pangan, sandang dan papan. Melihat keadaan ini membuka peluang bagi produsen
untuk membuka sebuah usaha baru dalam produk makanan. Selain itu juga banyaknya
bahan baku yang melimpah dan mudah diperoleh memunculkan sebuah ide untuk
membuka usaha “Mie Ayam”. Usaha Mie ayam merupakan bisnis yang cukup
menjanjikan, terutama untuk usaha mie gerobak dan kios. Indikasinya terlihat
dari tumbuhnya usaha ini setiap tahunnya, di mana kita melihat semakin
banyaknya orang yang berwirausaha di bidang ini. Kita juga melihat semakin
banyaknya variasi dari usaha mie ayam ini. Kita mengenal Mie ayam Solo, mie
ayam Surabaya, dll. Ini menunjukan gairah usaha mie ayam menjanjikan. Menurut
beberapa pengusaha mie ayam, peluang usaha ini masih terbuka lebar mengingat
banyaknya penggemar mie ayam. Walaupun banyak saingan usaha ini masih cukup
menggiurkan salah satu kuncinya adalah bagaimana membuat resep mie ayam yang
enak. Selain itu pengaruh tempat juga menentukan. Dengan pengelolaan yang baik
usaha ini akan berjalan
dengan sukses.
dengan sukses.
2.
Visi dan Misi
Ø
Visi
Adapun visi dari usaha ini adalah
sebagai berikut : “Menciptakan produk makanan unggulan yang berkualitas dan
banyak diminati atau disukai masyarakat dengan mengedepankan pencitraan makanan
yang sehat dan dengan bahan-bahan pilihan dari Indonesia.”
Ø
Misi
Adapun visi dari usaha ini adalah
sebagai berikut :
·
Memberikan
inovasi-inovasi yang sukar di ikuti.
·
Membangn
semangat Enterprenuer/wirausaha.
·
Membangun
kemandirian dalam menghadapi tantangan global.
·
Terciptanya
ekonomi bersama yang mandiri.
·
Terbentuknya
usaha “Mie Ayam Sehat” terbaik yang mengedepankan pelayanan, kenikmatan dan
keberkahan.
BAB 2. ISI
1. Deskripsi
Usaha
a. Analisis SWOT
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih
dahulu adalah mengukur kemapuan kami terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu
melalui analisis SWOT:
1. Strength
(Kekuatan)
a. Rasanya enak dan unik
b. Memiliki angka kecukupan gizi yang tinggi
c. Dapat disukai oleh semua kalangan
d. Harga terjangkau oleh semua kalangan
e. Bahan bakunya terjangkau dan mudah
diperoleh
f. Cara pembuatannya mudah
2.
Weakness
(Kelemahan)
a. Tidak tahan lama
b. Banyak saingan
c. Belum mempunyai cabang
d. Kurang modal untuk memulai usaha
e. Harga bahan baku yang tidak stabil
3.
Oppoturnity
(Peluang)
a. Penjualan “Mie Ayam” memiliki
peluang yang cukup besar karena selain memiliki cita rasa yang enak dan
unik juga memiliki kandungan gizi yang memadai.
b. Memiliki lokasi yang strategis karena terletak di
persimpangan jalan yang banyak dilalui oleh banyak orang.
4.
Treath
(Ancaman)
a. Banyak memiliki pesaing selain dari
pedagang mie ayam lain sendiri juga dari pesaing makanan sejenis seperti bakso
dan soto.
b. Dalam memproduksi “Mie Ayam” memungkinkan pihak lain mencuri
resep ataupun ide usaha yang telah dikembangkan.
c.
Harga bahan
baku yang sewaktu-waktu bisa naik dapat menyebabkan kenaikan harga roti bakar
yang mungkin dapat mengurangi pembeli.
d. Bila hujan
turun maka orang malas keluar rumah sehingga pembeli tidak begitu banyak
(jarang).
b. Manfaat Ekonomi Usaha
·
Modal usaha yang dibutuhkan cukup
kecil, sebab hanya menggunakan warung atau kios sederhana
·
Segmen pasar ini luas dan bisa berkembang,
segmen pasarnya seperti orang tua, anak kecil, serta yang mampu dan yang tidak
mampu
·
Mengkonsumsi produk ini bisa kapan saja,
“mie ayam” ini bisa di jadikan sarapan pagi, sampai malam hari untuk mengganjal
perut.
·
Bahan untuk “mie ayam sehat” ini
sederhana dan mudah di dapatkan di pasar swalayan hingga pasar tradisional.
c.
Lokasi
Usaha
Tempat yang kami
gunakan dalam usaha ini adalah pusat perbelanjaan yang ada di kota Sukabumi
yang merupakan tempat yang paling strategis di kota ini.
d.
Target
Pasar
Produk “Mie Ayam
Sehat” ini bisa dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari anak sekolah,
mahasiswa, pegawai kantoran, ibu rumah tangga, sampai dengan lansia sekalipun
dapat menikmati produk ini karena menggunakan bahan-bahan yang alami dan
berkualitas.
e.
Situasi
Persaingan
Untuk saat ini kami mempunyai beberapa pesaing. Pengaruh pesaing terhadap
penjualan mie ayam saya agak sedikit berpengaruh karena pesaing saya sudah
terlebih dahulu berjualan mie ayam dan juga tempat berjualannya yang cukup
strategis sehingga banyak orang yang melakukan aktifitas disekitar ditempat
tersebut sering berkunjung dan membeli mie ayam mereka.
f.
Strategi
Promosi
Dalam melakukan
promosi produk ini seperti yang telah dibahas sebelumnya kami akan banyak
memberi diskon dan potongan-potongan harga pada bulan-bulan pertama. Selain
itu, Promosi yang akan kami lakukan dengan menyebarkan brosur tempat-tempat
ramai dan menyebarkannya di sosial media seperti Blogger, Facebook, Twitter,
BBM, dan lain-lain. Pada bulan-bulan pertama kami juga akan memberikan diskon
maupun potongan harga kepada para konsumen, agar para konsumen tertarik
terhadap produk kami dan dapat berkunjung kembali.
g.
Distribusi
Produk
Tempat
penjualan produk Mie Ayam Kami ini tempatnya benar benar Strategis, dengan
Trafic yang padat dan Jumlah Populasi orang di sekitar tempat penjualan padat.
Dengan tempat yang cukup strategis akan sedikit banyak menimbulkan Efek Buying
Signal, Orang yang tadinya belum tahu keberadaan Produk kita akan dengan segera
tahu, dengan demikian Faktor Manusia yang biasanya suka mencoba coba hal hal
baru akan timbul.
BAB 3. PRODUKSI
a.
Cara
Mengolah Bahan Baku
·
Cara untuk
membuat Minyak ayam :
Panaskan minyak kemudian soreng lemak ayam atau kulit ayam,
lalu massak hingga kulit ayam atau lemak ayam menjadi kering. Setelah agak
kering masukkan bawang putih atau bahan lainnya kedalam penggorengan, lalu
goreng dengan api kecil, setelah 15 menit, angkat kulit dan sisihkan minyak
ayam.
·
Cara untuk
membuat Kaldu :
Masukkan semua bahan kedalam panci, rebus semua bahan ini
dengan api sedang min 2 jam, setelah matang saring air kaldu.
·
Cara untuk
membuat Tumis ayam :
Cincang daging ayam hingga agak halus, kemudian tumis jahe,
bawang putih dan daun bawang sampai kecoklatan. Masukkan daging ayam, lada,
penyedap rasa, garam, kecap manis dan kecap asin kedalam tumisan. Masukkan air
dan tunggu hingga daging ayam masak dan bumbu meresap kedalam daging
ayam.
·
Cara untuk
menyajikan :
Didalam mangkuk, beri kecap asin, penyedap rasa, lada, dan
minyak ayam secukupnya. Kemudian masukkan mie bersama caisim, sawi, dan toge
yang sudah direbus. Aduk hingga rata, siramkan kuah kaldu, tambahkan tumisan
ayam, lalu tambahkan pangsit diatasnya.
b.
Bahan-bahan
Yang Dibutuhkan
·
Bahan
untuk membuat Minyak ayam :
- minyak sayur
- ayam
-
bawang
putih, memarkan
- lada halus
- ketumbar halus
·
Bahan
untuk membuat Kaldu :
-
air
-
daun
seledri, iris
-
ayam
·
Bahan
untuk membuat semur
ayam :
-
daging
ayam
-
jahe
- lada bubuk
-
minyak
sayur
-
kecap asin
-
kecap
manis
-
garam
-
bawang
putih
-
air
c. Biaya Bahan
Baku
-
Mie 1½ kg Rp.
13.500
-
Saus Rp. 6.000
-
Sambal ( cabai, bawang, tomat dll ) Rp.
10.000
-
Kecap manis 1 botol Rp. 3.500
-
Kecap Asin 600 ml Rp. 12.000
-
Ayam 2 kg @ Rp..22.000 Rp.
44.000
- Sayuran ( sawi,daun bawang dll) Rp.
10.000
-
Bumbu ( Merica, lada, garam dll) Rp. 8.000

Rp.
107.000
d. Biaya
Perlengkapam
- Tabung gas 3 kg Rp.
160.000
- Mangkok 1 lusin Rp.
50.000
- Sendok 1 lusin Rp. 22.000
- Sumpit Rp.
10.000
- saringan mie Rp. 15.000
- sendok sayur Rp. 15.000
- Kantong plastik Rp. 10.000

Rp.
292.000
Harga Pokok Penjualan (HPP) =
107.000/20
porsi = 5350
Jadi, Harga
Pokok à Rp.5.350
Harga Jual = 7000/porsi
7000 – 5350 =
1650 x 20 porsi à 33.000
7000 x 20 porsi à 140.000
Jadi, Harag 1
porsi = 7.000
Laba yang kami
terima sebesar 33.000
BAB 4. PENUTUP
1.
Antisipasi Masa Depan
Sebagai
wirausahawan yang baik, kami tidak akan membiarkan usaha ini berjalan secara
mendatar. Kami akan terus mencoba memperbaiki kualitas pekerjaan kami, agar
para peminat atau konsumen puas atas pelayanan dan citarasa mie ayam yang kami buat.
Karena apabila kualitas mie ayam kami tidak kami tingkatkan kemungkinan
besar usaha ini tidak akan maju dan terancam bangkrut.
2.
Kesimpulan
Menurut kami usaha
ini dapat berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Kami sangat yakin bahwa
usaha ini akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang
mempunyai kualitas dalam menjalankan setiap pekerjaan. Kami sadar bahwa usaha
ini tak akan langsung berkembang pesat tapi kami akan terus berjuang untuk
terus menjalankan dan mengembangkan usaha ini.
terimakasih telahh menulis dan membagikan artikel positif dan bermanfaat bagi pembaca, khususnya pada pembaca yang ingin merintis usaha..
ReplyDeleteAplikasi Kasir Android Offline
Saya tidak percaya ada pemberi pinjaman online asli yang begitu baik dan jujur seperti Tuan Pedro yang memberi saya pinjaman sebesar 2 juta Euro untuk melaksanakan proyek saya yang sudah lama datang dan menunggu untuk dilaksanakan tetapi dengan bantuan Petugas Tuan Pedro dan semuanya mudah bagi saya.
ReplyDeleteSaya akan meminta Anda untuk menghubungi Petugas Pinjaman Pedro di pedrloanss@gmail.com atau WhatsApp +393510140339