KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT
yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya yang telah memberikan banyak
kesempatan, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan PKL ini dengan baik.
Laporan ini disusun guna melengkapi
salah satu persyarat dalam menyelesaikan PKL (Praktek Kerja Lapangan) bagi
siswa-siswi SMK Negeri 47 Jakarta
Dalam penyusunan laporan ini, kami
menyadari sepenuhnya bahwa selesainya laporan PKL ini tidak terlepas dari
dukungan, semangat, serta bimbingan dari berbagai pihak, baik bersifat moril
maupun materil.
Penyusunan Laporan Praktek Kerja
Lapangan (PKL) ini disusun dengan sebaik-baiknya, namun masih terdapat
kekurangan didalam penyusunan laporan PKL ini, oleh karena itu saran dan kritik
yang sifatnya membangun dari semua pihak sangat diharapkan, tidak lupa harapan
kami semoga laporan Praktek Kerja Lapangan ini dapat bermanfaat bagi pembaca
serta dapat menambah ilmu pengetahuan bagi kami, Terima kasih.
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL/COVER..................................................................................................
HALAMAN
PENGESAHAN..................................................................................................
KATA PENGANTAR................................................................................................................
DAFTAR ISI..............................................................................................................................
BAB I :
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang..........................................................................................................
1.2
Tujuan........................................................................................................................
A. Tujuan Pembuatan Laporan ........................................................................
B. Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)......................................................
C. Sumber Data...................................................................................................
1.3
Waktu dan Tempat Pelaksanaan.............................................................................
BAB II :
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/INSTANSI
2.1 Sejarah Singkat Superindo &
Pizza HUT..............................................................
2.2 Ruang lingkup
usaha/kegiatan Superindo & Pizza HUT.....................................
2.3 Struktur organisasi Superindo
& Pizza HUT.........................................................
BAB III :
PELAKSANAAN KEGIATAN
BAB IV :
HAMBATAN DAN PENYELESAIAN
4.1 Hambatan...................................................................................................................
4.2
Penyelesaian Masalah.............................................................................................
BAB V :PENUTUP
5.1 Kesimpulan..............................................................................................................
5.2 Saran..........................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Pelaksanaan praktik kerja industri
(prakerin) adalah sebuah pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia
Usaha atau Dunia Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian yang
dimilikinya masing masing, dalam upaya meningkatkan mutu Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa masa mendatang guna memasuki
dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti saat
ini, selain itu dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,
banyak peralatan baru yang diciptakan guna menunjang banyaknya permintaan
produksi barang atau jasa yang menimbulkan perubahan mendasar untuk mendapat
pekerjaan, sehingga tenaga kerja dituntut bukan hanya memiliki kemampuan teknis
belaka, tetapi juga harus lebih fleksibel dan berwawasan lebih luas, inovatif
serta didukung dengan keterampilan yang kompeten, maka dengan adanya kegiatan
prakerin siswa dan siswi dapat mengasah dan juga megimplementasikan materi yang
didapatkannya di sekolah langsung ke dunia usaha atau dunia industry yang
relevan dengan kemampuannya masing masing.
Dalam upaya untuk mewujudkan Visi
dan Misi nya, SMK Negeri 47 Jakarta
melaksanakan berbagai kegiatan demi menjadikan siswa dan siswi yang siap
memasuki dunia kerja dan dunia industri (DU/DI), tentunya hal itu tidak dapat
diraih dengan mudah, tidak hanya dengan belajar berbagai teori yang berada di
sekolah, namun seorang siswa atau siswi harus belajar mengenai bagaimana
lingkungan yang berada di dunia kerja dan tentunya bagaimana pekerjaaan yang
akan dihadapinya nanti selepas lulus dari sekolah.
1.2 Tujuan
1.
Sebagai bukti telah melaksanakan Prakerin.
2.
Untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh
ujian akhir prakerin tahun pelajaran
2017/2018
3.
Untuk memenuhi tugas yang diberikan pembimbing
produktif
4.
Untuk melatih kemampuan siswa dalam menulis
laporan secara ilmiah.
5.
Sebagai laporan dari hasil Praktek Kerja
Industri ( Prakerin ) yang telah dilaksanakan secara tertulis.
6.
Memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang
diperoleh disekolah dengan penerapan didunia kerja
7.
Agar siswa mampu memahami, menetapkan dan
mengembangkan pelajaran yang di hapus dari sekolah dan menerapkan nya di dunia
usaha kerja.
8.
Agar para siswa mampu mempelajari, memahami,
memantapkan danmengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah diperolehnya dari
sekolah dandapat menerapkannya langsung di lapangan kerja.
9.
Agar siswa mampu mengembangkan dasar-dasar
teori yang didapatkan dari sekolah yang berhubungan dengan hasil prakerin.
10.
Agar siswa dapat menuangkan pikiran ke dalam tulisan
yang dapat diuji keilmiahannya.
11.
Agar siswa mampu mencari alternatif pencerahan
masalah kejuruan sesuai dengan program studi yang dipilih dari pelaporan.
12.
Memberikan alternatif pemecahan masalah
kejuruan dengan lebih luas dan mendalam
13.
Untuk menyimpulkan peningkatan wawasan dan
pengetahuan siswa angkatan berikutnya
14.
Untuk menerapkan gambaran yang seharusnya dalam
melaksanakan praktek kerja industri sampai dimana pengetahuan atau kemampuan
dalam mengikuti praktek kerja
15.
Untuk menyimpulkan data, guna kepentingan
pribadi siswa
16.
Untuk memantapakan siswa dalam pengembangan
atau penerapan pelajaran sekolah dari hasil prakerin.
17.
Untuk
melatih dan mengingatkan keterampilan siswa dalam membuat karya tulis.
18.
Mengumpulkan data, guna kepentingan sekolah dan
khususnya penulis sendiri dan juga untuk menunjang peningkatan pengetahuan
siswa tingkat selanjutnya.
1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu dan pelaksanaan Praktek Kerja
Lapngan (PKL) ini di :
1.
Superindo
Mampang, Jl Warung Buncit City Point, Jalan mampang prapatan raya, Pancoran,
Jakarta Selatan,
Mulai
pada tanggal : 1 April 2017 - 30 April 2017
2.
Pizza
Hut Restoran-Buncit, Jl Warung jati Barat blok 13, Pancoran, Jakarta Selatan
Mulai
pada tanggal : 1 Juli 2017 - 31 Juli 2017
BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/INSTANSI
2.1 Sejarah singkat Superindo &
Pizza Hut
Superindo
Sejak tahun 1997, Super Indo tumbuh
dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Kini, Super Indo telah memiliki
137* gerai yang tersebar di 18 kota besar di Indonesia dan didukung lebih dari
7.000* karyawan terlatih. Super Indo menyediakan beragam produk kebutuhan
sehari-hari dengan kualitas yang dapat diandalkan, lengkap, harga hemat, dan
lokasi toko yang mudah dijangkau. Kesegaran dan kualitas produk selalu dijaga
melalui pilihan sumber yang baik dan penanganan dengan standar prosedur
operasional yang selalu dipantau. Hal ini menjadikan Super Indo sebagai pilihan
tempat berbelanja yang selalu "Lebih Segar", "Lebih Hemat"
dan "Lebih Dekat".
Super Indo dikembangkan melalui
kemitraan antara Salim Group, Indonesia dan Ahold Delhaize, Belanda. Ahold
Delhaize adalah perusahaan ritel makanan dengan jaringan internasional yang
berpusat di Zandaam, Belanda. Dengan lebih dari 375.000 karyawan, Ahold
Delhaize memiliki 6.500 gerai yang tersebar di 11 negara, 3 Benua (Belgia,
Amerika, Serbia, Rumania, Yunani, Luxemburg, Indonesia, Czech Republic,
Portugal, Belanda, dan Jerman).
Pizza HUT
Pizza Hut pertama kali dibuka pada tahun 1958 di Wichita, Kansas,
Amerika Serikat oleh Dan Carney dan Frank Carney, keduanya adalah alumni dari
Wichita State University.[2]
Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan
merupakan restoran piza pertama di Indonesia.[butuh rujukan] Pemegang hak
waralaba tunggal di Indonesia adalah PT Sari Melati Kencana, yang merupakan
anak perusahaan PT Sriboga Raturaya, produsen tepung terigu di Indonesia.
2.2 Ruang
lingkup usaha/kegiatan Superindo
& Pizza HUT Restoran
Superindo
PT. Lion
Super Indo memiliki 2 kantor pusat dan puluhan gerai yang
tersebar
di 4 kota besar di Indonesia, yaitu Bandung, Semarang, Palembang, dan
Jakarta.
Sebagian besar karyawan bekerja pada kantor pusat 1 di kawasan industri
Ancol,
dan sebagian lagi bekerja pada kantor pusat 2 di Jln. Lodan Raya.
Dalam
penulisan skripsi ini, penulisan akan dibatasi pada analisa dan
perancangan
jaringan dalam kantor pusat ( Head Office ). Pembahasan masalah
juga
dibatasi pada jaringan lokal ( LAN ) kantor pusat . Penulisan ini akan
mengarah
pada suatu rekomendasi rancangan Virtual Local Area Network (VLAN) yang akan
diterapkan pada perusahaan, dan tidak diimplementasikan secara
langsung
pada perusahaan.
Pizza HUT
Restoran
Pizza Hut adalah restoran berantai
dan waralaba makanan internasional yang mengkhususkan dalam pizza. Perusahaan
ini didirikan oleh dua mahasiswa, Dan dan Frank Carney di Wichita, Kansas. Dia
dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Pizza Hut sekarang ini merupakan restoran
pizza berantai terbesar di dunia, dengan hampir 12.000 restoran, kios
pengantaran-ambil ke luar di lebih dari 86 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia
untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di
Indonesia.
Saat ini, Pizza Hut sudah dapat
ditemui mudah di kotakota besar di seluruh Indonesia. Di Pizza Hut mempunyai
banyak fasilitas yang berbeda di setiap cabangnya yaitu banyaknya meja makan,
ukuran tempat atau gedung Pizza Hut tetapi dalam penyajian itu mengutamakan
kesamaan rasa dan ke lezatan yang sama dari pusatnya maka ada standar taste.
Fasilitas yang utama pada saat ini yaitu sistem order atau pesan makanan
melalui hotline khsusus dan akan diantar ke rumah.
Sebagai tempat makan yang besar atau
dapat juga disebut restorant besar maka Pizza Hut banyak sekali costumer yang
datang untuk makan disini, apabila semua tempat penuh maka costumer harus
mengisi waiting list dan ini sangat membuang - buang waktu costumer sehingga
harus menunggu tempat yang kosong dan harus menahan lapar dengan posisi berdiri.
2.3 Struktur organisasi Superindo
& Pizza HUT
Superindo
Pizza HUT Restoran
Manager Area
Manejemen
lini pertama (first line management) merupakan tinggatan paling rendah,
sering dikenal dengan manajer operasional. Tugasnya seperti memimpin dan
mengawasi pegawai non-manajerial yang derlibat dalam proses produksi. Biasanya
mereka sering disebut supervisor, manajer area, manajer shift, manajer
department, manajer kantor atau mandor.\
District Manager:
Seorang
manajer yang mengawasi aktivitas penjualan untuk kabupaten.
Area Manager (AM):
Sebagai
manajer daerah (atau regional) , memiliki tanggung jawab keseluruhan untuk
sejumlah toko di daerah yang dialokasikan. Selain itu bertanggung jawab untuk
staf dan akan bekerja sama dengan manajer senior dan manajer departemen. Tugas
mencakup: menetapkan target penjualan. memaksimalkan penjualan dan
profitabilitas..
Manager Training
Memiliki
peranan yang sangat penting dalam mengembangkan SDM. Pelatihan dan pengembangan
perlu dilakukan di era globalisasi seperti sekarang ini.
Restaurant
Manager (RM): Bertugas membantu Restoran manager dalam mengawasi
kelancaran operasional di semua Restoran yang terdapat di dalam hotel.
Manager Outlet:
Memastikan
setiap kegiatan di seluruh area berjalan dengan baik. Memastikan kepuasan
pelanggan yang dilayani. Memberikan briefing setiap hari dan memimpin do’a
sebelum pekerjaan dimulai .
Assistant Restaurant Manager (ARM)
Memberikan briefing
serta pengawasan selama berlangsungnya acara.
Shift Leader
Dalam
pelayanan makanan memastikan karyawan melakukan berbagai tugas, dari menyiapkan
makanan, stocking pasokan, melayani, pengisian orang untuk makanan mereka,
penanganan uang tunai, kartu kredit, dan kasir, membersihkan meja dan counter,
ulang tabel, ucapan pelanggan dan menjawab pertanyaan.
Shift Leader (SL)
Melaporkan
langsung ke asisten manajer atau manajer.
Crew Trainer (CT)
Pelatih
terhadap bawahan-bawahannya agar mempunyai kinerja yang lebih baik dari
sebelumnya
Crew
Pekerja-pekerja
yang bekerja dalam suatu toko, pekerja yang mendapat gaji setiap bulannya, dan
bekerja setiap hari / hari tertentu untuk melayani pelanggan-pelanggan yang
datang ke toko tersebut.
BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan di Superindo
Kegiatan yang kami lakukan selama 2 bulan di
Superindo, yaitu :
a. Bagian Kasir
- melakukan packing itu barang yang sudah dibeli oleh pembeli
- menata barang yang ada di COC
- mengembalikan barang yang dicancel pembeli ke gondola atau selving
sesuai dengan grouping nya
- melakukan transaksi di cash register secara tunai
b. Bagian Dry
1. Greeting
- Mengucapkan salam kepada karyawan toko
- Memperkenalkan diri kepada Kepala Toko/Assisten Toko/Karyawan Toko
- Menginformasikan kepada pihak toko mengenai Promo yang sedang berjalan
2. Walk In The Store
- Cek Price Tag
- Cek OOS (Out Of Stock)
- Cek POB (Point Of Buying)
- Cek POSM (Point Of Selling Material)
3. Storage Room Activity
- Meminta izin/bantuan kepada pihak toko untuk melakukan pemeriksaan Stock di gudang dan mengeluarkannya untuk di Display.
- Mengambil stock untuk mengisi stock di dalam toko seperti (Rack Reguler, POB, Secondary Display) dengan catatan seizin dari pihak toko.
- Melakukan FEFO (First Expired First Out)
4.
Merchandising Activity
- Meakukan pemajangan semua produk di POB
- Pastikan Price Tag terpasang pada setiap SKU
- Pastikan Promo yang sedang berjalan memiliki POSM nya
- Cek semua POB dan pastikan posisinya berada pada posisi Hot Zone dan High Traffic Area
- Cek semua produk sesuai dengan Plannogram toko
- Pastikan produk mudah dijangkau oleh konsumen
Foto kegiatan


Kegiatan di Pizza HUT Restoran
Kegiatan yang kami lakukan selama 1
bulan yaitu :
-Bagian Bar
menyiapkan dan mengisi bahan baru seperti
memenuhi topping atau bahan seperti sirup,madu,susu dll ,mengetahui pembuatan
minuman
-Bagian Salad
Prepare Salad, diantaranya Fresh
salad & Fresh fruit.
-Bagian
Waitress
Prepare Kelngkapan pada tempat
Restoran
-Bagian Pasta
Prepare bahan-bahan yang ada pada
menu pasta
-Bagian Pizza
Prepare adonan pizza dibentuk dan
ditopping sesuai menu
Foto di Pizza HUT




BAB IV
HAMBATAN DAN PENYELESAIAN
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat kami
siimpulkan bahwa kegiatan Praktik Krja Lapangan (PKL) sangatlah bermanfaat bagi
sisw-siswi Sekolah Mnengah Kejuruan dan juga bagi pihak dunia industri. Selain
itu, kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) juga menjadi tempat dimana
siswa-siswi SMKmengasah keterampilan mereka khusunya mereka dapat be;ajar lebih
luas tentang bagaimana dunia kerjaserta melatih siswa-siswi menjadi generasi
muda yang bertanggung jawab dan profesional.
5.2 Saran
penyusun telah melaksanakan kegiatan
prakerin selama kurang lebih 3 bulan, penyusun merasakan apa yang terjadi jika
seandainya menjadi tenaga kerja yang pastinya bekerja sama dengan orang lain.
saran untuk
pihak industri
kepada pembimbing perusahaan agar
dapat membimbing dan mengajarkan siswa lebih jauh lagi ke dalam divisi yang
ditempatkan di perusahaan sehingga pekerjaan yang diberikan perusahaan dapat
lebih mudah dipahami.
saran untuk
pihak sekolah
penyusun berharap hubungan antara
pihak sekolah dan industri dapat ditingkatkan, penyusun mengharapkan agar pihak
sekolah lebih memperhatikan pekerjaan, lebih peduli, menghargai serta membantu
siswa dalam pelaksanaan prakerin.
Terima kasih Mba Julia Melinda utk share artikel PKLnya. Ini sangat membantu anak2 SMK, juga utk putri saya yg sedang belajar di salah satu SMK di Bekasi.
ReplyDeleteSemoga sukses dalam meraih cita2 utk Mba Julia dan rekan2.
Terima kasih.
MES
www.minyakkemirikukuiasli.com
Terima kasih atas masukannya
ReplyDelete