Friday, 22 September 2017

Laporan PKL Superindo dan Pizza HUT





KATA PENGANTAR
Puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya yang telah memberikan banyak kesempatan, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan PKL ini dengan baik.
Laporan ini disusun guna melengkapi salah satu persyarat dalam menyelesaikan PKL (Praktek Kerja Lapangan) bagi siswa-siswi SMK Negeri 47 Jakarta
Dalam penyusunan laporan ini, kami menyadari sepenuhnya bahwa selesainya laporan PKL ini tidak terlepas dari dukungan, semangat, serta bimbingan dari berbagai pihak, baik bersifat moril maupun materil.
Penyusunan Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini disusun dengan sebaik-baiknya, namun masih terdapat kekurangan didalam penyusunan laporan PKL ini, oleh karena itu saran dan kritik yang sifatnya membangun dari semua pihak sangat diharapkan, tidak lupa harapan kami semoga laporan Praktek Kerja Lapangan ini dapat bermanfaat bagi pembaca serta dapat menambah ilmu pengetahuan bagi kami, Terima kasih.
















DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL/COVER..................................................................................................
HALAMAN PENGESAHAN..................................................................................................
KATA PENGANTAR................................................................................................................
DAFTAR ISI..............................................................................................................................

BAB I : PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang..........................................................................................................
1.2 Tujuan........................................................................................................................
A. Tujuan Pembuatan Laporan ........................................................................
B. Tujuan Praktek Kerja Lapangan (PKL)......................................................
C. Sumber Data...................................................................................................
1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan.............................................................................
BAB II : GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/INSTANSI
            2.1 Sejarah Singkat Superindo & Pizza HUT..............................................................
            2.2 Ruang lingkup usaha/kegiatan  Superindo & Pizza HUT.....................................
            2.3 Struktur organisasi Superindo & Pizza HUT.........................................................
BAB III : PELAKSANAAN KEGIATAN
BAB IV : HAMBATAN DAN PENYELESAIAN
            4.1 Hambatan...................................................................................................................
4.2 Penyelesaian Masalah.............................................................................................
BAB V :PENUTUP
            5.1 Kesimpulan..............................................................................................................
            5.2 Saran..........................................................................................................................


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Pelaksanaan praktik kerja industri (prakerin) adalah sebuah pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Usaha atau Dunia Industri yang relevan dengan kompetensi keahlian yang dimilikinya masing masing, dalam upaya meningkatkan mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga menambah bekal untuk masa masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingannya seperti saat ini, selain itu dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, banyak peralatan baru yang diciptakan guna menunjang banyaknya permintaan produksi barang atau jasa yang menimbulkan perubahan mendasar untuk mendapat pekerjaan, sehingga tenaga kerja dituntut bukan hanya memiliki kemampuan teknis belaka, tetapi juga harus lebih fleksibel dan berwawasan lebih luas, inovatif serta didukung dengan keterampilan yang kompeten, maka dengan adanya kegiatan prakerin siswa dan siswi dapat mengasah dan juga megimplementasikan materi yang didapatkannya di sekolah langsung ke dunia usaha atau dunia industry yang relevan dengan kemampuannya masing masing.
Dalam upaya untuk mewujudkan Visi dan Misi nya, SMK Negeri  47 Jakarta melaksanakan berbagai kegiatan demi menjadikan siswa dan siswi yang siap memasuki dunia kerja dan dunia industri (DU/DI), tentunya hal itu tidak dapat diraih dengan mudah, tidak hanya dengan belajar berbagai teori yang berada di sekolah, namun seorang siswa atau siswi harus belajar mengenai bagaimana lingkungan yang berada di dunia kerja dan tentunya bagaimana pekerjaaan yang akan dihadapinya nanti selepas lulus dari sekolah.

1.2 Tujuan
1.      Sebagai bukti telah melaksanakan Prakerin.
2.      Untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian akhir prakerin tahun pelajaran 2017/2018
3.      Untuk memenuhi tugas yang diberikan pembimbing produktif
4.      Untuk melatih kemampuan siswa dalam menulis laporan secara ilmiah.
5.      Sebagai laporan dari hasil Praktek Kerja Industri ( Prakerin ) yang telah dilaksanakan secara tertulis.
6.      Memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah dengan penerapan didunia kerja
7.      Agar siswa mampu memahami, menetapkan dan mengembangkan pelajaran yang di hapus dari sekolah dan menerapkan nya di dunia usaha kerja.
8.      Agar para siswa mampu mempelajari, memahami, memantapkan danmengembangkan ilmu pengetahuan yang sudah diperolehnya dari sekolah dandapat menerapkannya langsung di lapangan kerja.
9.      Agar siswa mampu mengembangkan dasar-dasar teori yang didapatkan dari sekolah yang berhubungan dengan hasil prakerin.
10.  Agar siswa dapat menuangkan pikiran ke dalam tulisan yang dapat diuji keilmiahannya.
11.  Agar siswa mampu mencari alternatif pencerahan masalah kejuruan sesuai dengan program studi yang dipilih dari pelaporan.
12.  Memberikan alternatif pemecahan masalah kejuruan dengan lebih luas dan mendalam
13.  Untuk menyimpulkan peningkatan wawasan dan pengetahuan siswa angkatan berikutnya
14.  Untuk menerapkan gambaran yang seharusnya dalam melaksanakan praktek kerja industri sampai dimana pengetahuan atau kemampuan dalam mengikuti praktek kerja
15.  Untuk menyimpulkan data, guna kepentingan pribadi siswa
16.  Untuk memantapakan siswa dalam pengembangan atau penerapan pelajaran sekolah dari hasil prakerin.
17.  Untuk  melatih dan mengingatkan keterampilan siswa dalam membuat karya tulis.
18.  Mengumpulkan data, guna kepentingan sekolah dan khususnya penulis sendiri dan juga untuk menunjang peningkatan pengetahuan siswa tingkat selanjutnya.

1.3 Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Waktu dan pelaksanaan Praktek Kerja Lapngan (PKL) ini di :
1.      Superindo Mampang, Jl Warung Buncit City Point, Jalan mampang prapatan raya, Pancoran, Jakarta Selatan,
Mulai pada tanggal : 1 April 2017 - 30 April 2017
2.      Pizza Hut Restoran-Buncit, Jl Warung jati Barat blok 13, Pancoran, Jakarta Selatan
Mulai pada tanggal : 1 Juli 2017 - 31 Juli 2017








BAB II
GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN/INSTANSI

2.1 Sejarah singkat Superindo & Pizza Hut
Superindo
Sejak tahun 1997, Super Indo tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia. Kini, Super Indo telah memiliki 137* gerai yang tersebar di 18 kota besar di Indonesia dan didukung lebih dari 7.000* karyawan terlatih. Super Indo menyediakan beragam produk kebutuhan sehari-hari dengan kualitas yang dapat diandalkan, lengkap, harga hemat, dan lokasi toko yang mudah dijangkau. Kesegaran dan kualitas produk selalu dijaga melalui pilihan sumber yang baik dan penanganan dengan standar prosedur operasional yang selalu dipantau. Hal ini menjadikan Super Indo sebagai pilihan tempat berbelanja yang selalu "Lebih Segar", "Lebih Hemat" dan "Lebih Dekat".
Super Indo dikembangkan melalui kemitraan antara Salim Group, Indonesia dan Ahold Delhaize, Belanda. Ahold Delhaize adalah perusahaan ritel makanan dengan jaringan internasional yang berpusat di Zandaam, Belanda. Dengan lebih dari 375.000 karyawan, Ahold Delhaize memiliki 6.500 gerai yang tersebar di 11 negara, 3 Benua (Belgia, Amerika, Serbia, Rumania, Yunani, Luxemburg, Indonesia, Czech Republic, Portugal, Belanda, dan Jerman).

Pizza HUT
Pizza Hut pertama kali dibuka pada tahun 1958 di Wichita, Kansas, Amerika Serikat oleh Dan Carney dan Frank Carney, keduanya adalah alumni dari Wichita State University.[2]
Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran piza pertama di Indonesia.[butuh rujukan] Pemegang hak waralaba tunggal di Indonesia adalah PT Sari Melati Kencana, yang merupakan anak perusahaan PT Sriboga Raturaya, produsen tepung terigu di Indonesia.

2.2 Ruang lingkup usaha/kegiatan  Superindo & Pizza HUT Restoran
Superindo
PT. Lion Super Indo memiliki 2 kantor pusat dan puluhan gerai yang
tersebar di 4 kota besar di Indonesia, yaitu Bandung, Semarang, Palembang, dan
Jakarta. Sebagian besar karyawan bekerja pada kantor pusat 1 di kawasan industri
Ancol, dan sebagian lagi bekerja pada kantor pusat 2 di Jln. Lodan Raya.
Dalam penulisan skripsi ini, penulisan akan dibatasi pada analisa dan
perancangan jaringan dalam kantor pusat ( Head Office ). Pembahasan masalah
juga dibatasi pada jaringan lokal ( LAN ) kantor pusat . Penulisan ini akan
mengarah pada suatu rekomendasi rancangan Virtual Local Area Network (VLAN) yang akan diterapkan pada perusahaan, dan tidak diimplementasikan secara
langsung pada perusahaan.
Pizza HUT Restoran
Pizza Hut adalah restoran berantai dan waralaba makanan internasional yang mengkhususkan dalam pizza. Perusahaan ini didirikan oleh dua mahasiswa, Dan dan Frank Carney di Wichita, Kansas. Dia dibeli oleh PepsiCo, Inc. pada 1977. Pizza Hut sekarang ini merupakan restoran pizza berantai terbesar di dunia, dengan hampir 12.000 restoran, kios pengantaran-ambil ke luar di lebih dari 86 negara. Pizza Hut hadir di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1984, dan merupakan restoran pizza pertama di Indonesia.
Saat ini, Pizza Hut sudah dapat ditemui mudah di kotakota besar di seluruh Indonesia. Di Pizza Hut mempunyai banyak fasilitas yang berbeda di setiap cabangnya yaitu banyaknya meja makan, ukuran tempat atau gedung Pizza Hut tetapi dalam penyajian itu mengutamakan kesamaan rasa dan ke lezatan yang sama dari pusatnya maka ada standar taste. Fasilitas yang utama pada saat ini yaitu sistem order atau pesan makanan melalui hotline khsusus dan akan diantar ke rumah.
Sebagai tempat makan yang besar atau dapat juga disebut restorant besar maka Pizza Hut banyak sekali costumer yang datang untuk makan disini, apabila semua tempat penuh maka costumer harus mengisi waiting list dan ini sangat membuang - buang waktu costumer sehingga harus menunggu tempat yang kosong dan harus menahan lapar dengan posisi berdiri.











2.3 Struktur organisasi Superindo & Pizza HUT
bab-2-6-638.jpgSuperindo

bab-2-7-638.jpg
IMG-20170920-WA0010.jpgPizza HUT Restoran








Manager Area
Manejemen lini pertama (first line management) merupakan tinggatan paling rendah, sering dikenal dengan manajer operasional. Tugasnya seperti memimpin dan mengawasi pegawai non-manajerial yang derlibat dalam proses produksi. Biasanya mereka sering disebut supervisor, manajer area, manajer shift, manajer department, manajer kantor atau mandor.\
District Manager:
Seorang manajer yang mengawasi aktivitas penjualan untuk kabupaten.
Area Manager (AM): 
Sebagai manajer daerah (atau regional) , memiliki tanggung jawab keseluruhan untuk sejumlah toko di daerah yang dialokasikan. Selain itu bertanggung jawab untuk staf dan akan bekerja sama dengan manajer senior dan manajer departemen. Tugas mencakup: menetapkan target penjualan. memaksimalkan penjualan dan profitabilitas..
Manager Training
Memiliki peranan yang sangat penting dalam mengembangkan SDM. Pelatihan dan pengembangan perlu dilakukan di era globalisasi seperti sekarang ini.
Restaurant Manager (RM): Bertugas membantu Restoran manager dalam mengawasi kelancaran operasional di semua Restoran yang terdapat di dalam hotel.
Manager Outlet:
Memastikan  setiap kegiatan di seluruh area berjalan dengan baik. Memastikan kepuasan pelanggan yang dilayani. Memberikan briefing setiap hari dan memimpin do’a sebelum pekerjaan dimulai .

Assistant Restaurant Manager (ARM)
Memberikan briefing  serta pengawasan selama berlangsungnya acara.

Shift Leader
Dalam pelayanan makanan memastikan karyawan melakukan berbagai tugas, dari menyiapkan makanan, stocking pasokan, melayani, pengisian orang untuk makanan mereka, penanganan uang tunai, kartu kredit, dan kasir, membersihkan meja dan counter, ulang tabel, ucapan pelanggan dan menjawab pertanyaan.
Shift Leader (SL)
Melaporkan langsung ke asisten manajer atau manajer.
Crew Trainer (CT)
Pelatih terhadap bawahan-bawahannya agar mempunyai kinerja yang lebih baik dari sebelumnya
Crew
Pekerja-pekerja yang bekerja dalam suatu toko, pekerja yang mendapat gaji setiap bulannya, dan bekerja setiap hari / hari tertentu untuk melayani pelanggan-pelanggan yang datang ke toko tersebut.












BAB III
PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan di Superindo
Kegiatan  yang kami lakukan selama 2 bulan di Superindo, yaitu :
a. Bagian Kasir
- melakukan packing itu barang yang sudah dibeli oleh pembeli
- menata barang yang ada di COC
- mengembalikan barang yang dicancel pembeli ke gondola atau selving sesuai  dengan grouping nya
- melakukan transaksi di cash register secara tunai
b.  Bagian Dry
1. Greeting
  • Mengucapkan salam kepada karyawan toko
  • Memperkenalkan diri kepada Kepala Toko/Assisten Toko/Karyawan Toko
  • Menginformasikan kepada pihak toko mengenai Promo yang sedang berjalan
2. Walk In The Store
  • Cek Price Tag
  • Cek OOS (Out Of Stock)
  • Cek POB (Point Of Buying)
  • Cek POSM (Point Of Selling Material)
3. Storage Room Activity
  • Meminta izin/bantuan kepada pihak toko untuk melakukan pemeriksaan Stock di gudang dan mengeluarkannya untuk di Display.
  • Mengambil stock untuk mengisi stock di dalam toko seperti (Rack Reguler, POB, Secondary Display) dengan catatan seizin dari pihak toko.
  • Melakukan FEFO (First Expired First Out) 
4. Merchandising Activity
  • Meakukan pemajangan semua produk di POB
  • Pastikan Price Tag terpasang pada setiap SKU
  • Pastikan Promo yang sedang berjalan memiliki POSM nya
  • Cek semua POB dan pastikan posisinya berada pada posisi Hot Zone dan High Traffic Area
  • Cek semua produk sesuai dengan Plannogram toko
  • Pastikan produk mudah dijangkau oleh konsumen
Foto kegiatan
IMG-20170920-WA0013.jpg
IMG-20170920-WA0011.jpg
Kegiatan di Pizza HUT Restoran
Kegiatan yang kami lakukan selama 1 bulan yaitu :
-Bagian Bar
 menyiapkan dan mengisi bahan baru seperti memenuhi topping atau bahan seperti sirup,madu,susu dll ,mengetahui pembuatan minuman
-Bagian Salad
Prepare Salad, diantaranya Fresh salad & Fresh fruit.
-Bagian Waitress
Prepare Kelngkapan pada tempat Restoran
-Bagian Pasta
Prepare bahan-bahan yang ada pada menu pasta
-Bagian Pizza
Prepare adonan pizza dibentuk dan ditopping sesuai menu
















Foto di Pizza HUT
IMG-20170720-WA0000.jpg
IMG-20170920-WA0019.jpg
IMG-20170727-WA0002.jpgIMG-20170920-WA0021.jpg
BAB IV
HAMBATAN DAN PENYELESAIAN

























BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Dari uraian diatas dapat kami siimpulkan bahwa kegiatan Praktik Krja Lapangan (PKL) sangatlah bermanfaat bagi sisw-siswi Sekolah Mnengah Kejuruan dan juga bagi pihak dunia industri. Selain itu, kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) juga menjadi tempat dimana siswa-siswi SMKmengasah keterampilan mereka khusunya mereka dapat be;ajar lebih luas tentang bagaimana dunia kerjaserta melatih siswa-siswi menjadi generasi muda yang bertanggung jawab dan profesional.
5.2 Saran
penyusun telah melaksanakan kegiatan prakerin selama kurang lebih 3 bulan, penyusun merasakan apa yang terjadi jika seandainya menjadi tenaga kerja yang pastinya bekerja sama dengan orang lain.
saran untuk pihak industri
kepada pembimbing perusahaan agar dapat membimbing dan mengajarkan siswa lebih jauh lagi ke dalam divisi yang ditempatkan di perusahaan sehingga pekerjaan yang diberikan perusahaan dapat lebih mudah dipahami.
saran untuk pihak sekolah
penyusun berharap hubungan antara pihak sekolah dan industri dapat ditingkatkan, penyusun mengharapkan agar pihak sekolah lebih memperhatikan pekerjaan, lebih peduli, menghargai serta membantu siswa dalam pelaksanaan prakerin.





2 comments:

  1. Terima kasih Mba Julia Melinda utk share artikel PKLnya. Ini sangat membantu anak2 SMK, juga utk putri saya yg sedang belajar di salah satu SMK di Bekasi.

    Semoga sukses dalam meraih cita2 utk Mba Julia dan rekan2.

    Terima kasih.

    MES
    www.minyakkemirikukuiasli.com

    ReplyDelete
  2. Terima kasih atas masukannya

    ReplyDelete