Thursday, 28 April 2016

Soal dan jawaban Pemasaran Online Jilid 2 kelas 10



PILIHAN GANDA
1.     E-commerce singkatan dari Electroni Commerce yang artinya :
            B. Transaksi Jual beli produk, jasa dan informasi
Sumber : HALAMAN 26
2.     Istilah E-Business  berkaitan erat dengan e-commerce. Bagi sebagian kalangan, istilah e-commerce diartikan secara sempit yaitu : D. Layanan pelanggan, kolaborasi dengan mitra bisnis
Sumber : HALAMAN 26
3.     Model-model pendapatan yang bisa diperoleh pada bisnis e-commerce adalah sebagai beriku, KECUALI :   Benar semua
Sumber : kelik.awardspace.com/ecommerce.doc
4.     Internet selain dapat menjadi sarana komunikasi yang baik namun juga dapat difungsikan sebagai salah satu media pemasaran yang paling efektif, internet singkatan dari : B. Interconnection-Networking
Sumber : Hafal dari pelajaran SIMDIG
5.     Membeli suatu produk atau jasa ditoko atau dip usat perbelanjaan tidak perlu datang ketempat tersebut. Proses ini disebut :  E. Business to consumer (B2C) ditoko online
Sumber :
6.     Pembeli barang secara online, barang diantar dan baru pembayaran dilakukan : a. COD ( cash on delivery )
Sumber : www.maxmanroe.com › General
7.     Beberapa sistem memungkinkan pengguna untuk membuat account dan membayar dengan cara alternatif, seperti berikut, KECUALI :  e. Kartu debit
Sumber : http://lenterakecil.com/belanja-online-belanja-daring/
8.     Manfaat sistem penjualan online sebagai berikut, kecuali : d.  Biaya lebih banyak karena karyawan yg dibutuhkan lebih banyak
Sumber : logika
9.     Kebutuhan dasar infrastruktur informasi sebagai berikut, Kecuali :
Semua benar
Sumber : http://dataserverku.blogspot.co.id/2012/03/infrastruktur-informasi-dalam-e.html
10.            Penjualan dengan mengambil barang dari supplayer dan langsung dikrim ke customer yaitu : a. Penjualan langsung
Sumber : 1p51stmikwp.blogspot.com/2013/12/sistem-informasi-penjualan.html
11.            Pemasaran Online memiliki 4 manfaat besar: sebagai berikut, Kecuali :
b. keterbatasan tempat iklan, berbeda dengan media cetak
Sumber : Logika
12.            Pemasar dapat menjalankan pemasaran online dengan menciptakan : a. Situs web perusahaan
Sumber : logika
13.            Kegiatan bisnis atau jasa yang berkaitan erat dengan konsumen, manufaktur, ISP, dan pedagang perantara dengan menggunakan media elektronik disebut : d. E-commerce
Sumber : HAL26
14.            Dibawah ini merupakan manfaat E-commerce bagi perusahaan, Kecuali :
b. keterbatasan SDM
Sumber: http://ide-informatika.blogspot.co.id/2012/05/manfaat-dan-tantangan-e-commerce.html
15.            Berikut adalah tantangan e-commerce kecuali,: E. Dimana saja kapan saja
Sumber : http://ide-informatika.blogspot.co.id/2012/05/manfaat-dan-tantangan-e-commerce.html
16.            Manakah manfaat e-commerce bagi perusahaan : a. Pengurangan biaya operasi
Sumber : HAL 28
17.            Model EC dimana organisasi menyediakan jasa, informasi, dan produk dan kepada individu karyawannya, disebut : b. Businees to employee
Sumber : documents.mx › Documents
18.            Bursa elektronik untuk umum yang beranggotakan banyak pembeli dan penjual, disebut : a. Exchange
Sumber : baxuryu.blogspot.com/2012/05/modul-e-comers.htm
19.            Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah :  SEMUA BENAR
Sumber : HAL 34
20.            Search Engine adalah sebuah fasilitas internet yang dijalankan melalui browser gunanya untuk :  c. Menemukan suatu informasi
Sumber : HAL 38


ESSAY
1.     Manfaat yang dirasakan perusahaan khususnya untuk kepentingan pelanggan memperlihatkan bahwa  e-commerce dapat memberikan manfaat antara lain :
-         Mendapatkan pelanggan baru
-          Menarik konsumen untuk tetap bertahan.
-         Meningkatkan mutu layanan
-         Melayani konsumen tanpa batas waktu
Sumber : http://blog.trisakti.ac.id/riki/2010/03/12/strategi-meningkatkan-persaingan-bisnis-perusahaan-dengan-penerapan-e-commerce/
2.     Promosi web yang paling efektif adalah dengan melakukan : SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)
Sumber : HAL 38
3.     Proses yang ada dalam e-commerce yaitu :
-         Presentasi electronis (pembuatan web site) untuk produk dan layanan
-         Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan
-         Otomasi account pelanggan secara aman
-         Pembayaran yang dilakukan secara langsung dan penanganan transaksi
Sumber : HAL 28
4.     Banyak situs web e-commerce memiliki katalog elektronik yaitu : Daftar yang berisi deskripsi produk, gambar beserta harganya
Sumber : blog febriangressize.com
5.     Setelah selesai memilih produk yang diperlukan, pelanggan memberikan informasi mengenai : nama dan alamat, sama halnya dengan informasi mengenai pembayaran yang akan dibahas poin berikutnya. Setelah langkah-langkah tersebut lengkap, pesanan tersebut akan diproses oleh sistem e-commerce.
Sumber : http://wirdalucky.blogspot.co.id/2011_03_01_archive.html
6.     Langkah-langkah dalam strategi e-commerce yaitu :
-         Penetapan tujuan (mission)
-         Keputusan tentang anggaran (money)
-         Keputusan pesan (message)
-          Penetapan media, dan
-          Evaluasi mengenai kampanye (measurement)
Sumber : http://blog.trisakti.ac.id/riki/2010/03/12/strategi-meningkatkan-persaingan-bisnis-perusahaan-dengan-penerapan-e-commerce/
7.     Beberapa kriteria dalam melakukan penggunaan e-commerce yaitu :
-         Business to business (B2B)
-         Business to consumer (B2C)
-         Consumen to consumen (C2C)
-         Consumen to business
Sumber : HAL 26-27
8.     Transaksi eceran dengan pembeli perorangan , pembeli di Amazon.com adalah : seorang konsumen, atau seorang pelanggan.
Sumber : slideplayer.info/slide/3769613/
9.    Contoh situs C2C di indonesia yaitu :
-          http://www.ebay.com
-         http://www.kaskus.co.id
-         http://www.tokobagus.com
-         http://www.tokopedia.com
-         http://www.berniaga.com
-         http://www.duniavirtual.com
Sumber :  http://macansoftware.blogspot.co.id/2014/02/contoh-website-berbasis-e-commerce-dan.html
10.                        Penentuan model usaha e-commerce perlu mempertimbangkan beberapa hal antara lain :
-         Lingkup operasi B2B/B2C
-         Letak perusahaan dalam distribusi antara pelanggan dan supplier
-         Nilai atau benefit yang ditawarkan perusahaan serta target pasar yang dituju
-         Sumber pendapatan
-         Keberadaan fisik dan virtual
Sumber : HAL 29
11.                        Empat contoh model bisnis e-commerce adalah :
-         Model bisinis affiliasi
-         Bisnis reseller
-         Bisnis pribadi
-         publisher
Sumber : HAL 33-34
12.                        Model portal yang paling populer adalah : Yahoo, altawista, MSN, lycos,
Sumber : HAL 30
13.                        Model lelang dimana pelanggan dimungkinkan untuk bertransaksi satu dengan yang lain. Disebut : Auction Model
Sumber : HAL 31
14.                        Jasa penyedia jaringan kartu kredit ada bermacam-macam misalnya : American Express (AMEX), Dinners international, Visa, Paypal
Sumber : HAL 32
15.                        Proses yang ada dalam e-commerce adalah :
-         Presentasi electronis (pembuatan web site) untuk produk dan layanan
-         Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan
-         Otomasi account pelanggan secara aman
-         Pembayaran yang dilakukan secara langsung dan penanganan transaksi
Sumber : HAL 28
================================================================

1 comment: